Gastritis

Halooo teman-teman…tahukah kalian apakah itu gastritis dan mengapa bisa terjadi?

Gastritis merupakan proses inflamasi atau gangguan kesehatan yang disebabkan oleh faktor iritasi dan infeksi pada mukosa dan submukosa lambung. Gastritis dapat menyerang seluruh lapisan masyarakat dari semua tingkat usia maupun jenis kelamin tetapi dari beberapa survei menunjukkan bahwa gastritis paling sering menyerang usia produktif. Pada usia produktif masyarakat rentan terserang gejala gastritis karena dari tingkat kesibukan, gaya hidup yang kurang memperhatikan kesehatan serta stres yang mudah terjadi. Gastritis dapat mengalami kekambuhan dimana kekambuhan yang terjadi pada penderita gastritis dapat dipengaruhi oleh pengaturan pola makan yang tidak baik dan juga dipengaruhi oleh faktor stres.

Penyebab Gastritis biasanya diawali dengan pola makan yang tidak baik dan tidak teratur sehingga lambung menjadi sensitif ketika asam lambung meningkat. Peningkatan asam lambung diluar batas normal dapat menyebabkan terjadinya iritasi dan kerusakan pada lapisan mukosa dan submukosa lambung dan jika peningkatan asam lambung ini dibiarkan saja maka kerusakan lapisan lambung atau penyakit gastritis akan semakin parah, dan juga produksi asam lambung akan meningkat pada keadaan stres, misalnya pada beban kerja berat, panik tergesa-gesa. Kadar asam lambung yang meningkat dapat mengiritasi mukosa lambung dan jika hal ini dibiarkan maka dapat menyebabkan terjadinya peradangan mukosa lambung atau gastritis.

Adapun gejala yang menyebabkan gastritis yaitu perut terasa penuh, rasa tidak enak di daerah perut, perut kembung, berkurangnya nafsu makan, adanya perasaan mual dan mau muntah, nyeri pada ulu hati, rasa tidak nyaman waktu menelan dan rasa sakit waktu menelan.

Solusi Pengobatan Gastritis yang tidak parah dapat diberikan obat antasida, istirahat yang cukup, dan banyak minum seperti air teh, air jahe dengan soda, ataupun cairan yang banyak mengandung karbonat, serta usahakan makan teratur, sebelum makan 30 menit diharapkan minum obat yang sudah diberikan oleh dokter misalnya antasida.

 Oleh karena itu, alasan kami memilih topik infografis tersebut karena termuat berbagai macam gejala dan terdapat solusi untuk mencegahnya.

Oh iya teman-teman, jangan lupa jaga kesehatan yaaa.. makan yang teratur yang terpenting makan empat sehat lima sempurna.. see you again!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.